Tugas 1 sistem ekonomi

1. Pengertian dari sistem ekonomi menurut para ahli ?

  • Menurut Gregory Grossman (1984)
          Sistem ekonomi adalah sekumpulan komponen - komponen atau unsur - unsur terdiri atas unit - uint dan agen - agen ekonomi serta lembaga - lembaga ( institusi - institusi ) ekonomi, yang bukan saja saling berhubungan dan berinteraksi, melainkan juga sampai tingkat tertentu saling menopang dan mempengaruhi.(Gregory Grossman,1984,hal 15)
Sumber : Buku pengantar ilmu ekonomi (mikro dan makro ekonomi ) pengarang Prathama Rahardja.

  • Menurut Dosen Drs.Wahyu Hidayat R.M.M
          Sistem ekonomi adalah mencakup seluruh proses dan kegiatan masyarakat dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup atau mencapai kemakmuran.
Jam 11:37 am
Sumber : www.docstoc.com/docs/22434179/konsep-sistem-ekonomi

  • Menurut Damairy (1966)
          Sistem  ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antara manusia dengan seperangkat kelembangaan dalam suatu tatanan kehidupan, selanjutnya dikatakan pula bahwa sistem ekonomi tidaklah harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan falsafah pandangan dan pola hidup masyarakat tempatnya berpijak.
Jam 11:49 am
Sumber : www.scribd.com/doc/19623974/sistem-ekonomi-indonesia

2. Jenis - jenis sistem ekonomi ?

a. Sistem ekonomi tradisional
Sistem ekonomi tradisional adalah sistem yang di tetapkan oleh masyarakat tradisional secara turun temurun dengan hanya mengandalkan alam dan tenaga kerja.
b. Sistem ekonomi pasar ( liberal/bebas )
Sistem ekonomi pasar adalah suatu sistem ekomoni dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar.
c. Sistem ekonomi komando
Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian.
d. Sistem ekonomi campuran
Siatem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi pasar dan terpusat, dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi
Jam 12:03
Sumber : http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/perekonomian_indonesia/bab1-sistem_perekonomian_indonesia.pdf

0 Response to "Tugas 1 sistem ekonomi"

Posting Komentar